Wednesday, December 14, 2016

RENDERING IMAGE PADA BLENDER

Rndering adalah Rendering adalah sebuah gambar output dari scene 3d atau suatu object. Fitur-fitur seperti materials, lighting, oversampling dan shadows memiliki pengaruh dalam efek dan kualitas hasil rendering. Semakin banyak fitur yang ditambahkan , maka semakin realistik hasilnya, akan tetapi akan mempengaruhi lama waktu rendering.
Blender internal

Pada keadaan default Blender telah dilengkapi dengan sebuah render engine (renderer), yaitu Blender Internal (BI), yang memiliki kemampuan dasar sebuah render engine, yaitu :
Blender Internal baru mampu untuk menkalkulasi efek cahaya langsung (direct lighting), dan belum mampu mensimulasikan efek pantulan cahaya (indirect illumination), karena Blender Internal baru mensuport local illumination dan tidak mensuport efek global illumination (GI).


1. Buka sofware Blender

2. Pastikan objek-objek yang akan dirender harus masuk kedalam frame kamera. Caranya: cek dengan menggunakan angka nol (0) pada numpad. maka anda akan melihat dari sudut pandang kamera. Nah bila masih ada objek yang belum masuk kedalam frame tersebut maka dipastikan objek tersebut tidak akan muncul pada waktu dirender.

3. Untuk render still image pastikan juga posisi time slider di timeline berada pada angka frame yang anda inginkan

4. Cek juga dalam ouline, tombol hide akan berfungsi menyembunyikan objek. untuk itu pasikan objek yang akan anda munculkan harus terbebas dari tombol hide. Tombol hide memiliki icon “kamera”


5. Klik tab Render


6. Atur ukuran frame size yang anda inginkan


7. Pada rollout render, terdapat pilihan saat anda merender. anda bisa gunakan new window untuk memunculkan hasil render di jendela tersendiri


8. Bila sudah selesai semua anda klik tombol render. dan selesai.


9. Untuk menyimpan hasil render, pada jendela hasil render anda klik menu Image > save as image


http://indoblender.org/2009/06/rendering-intro/
http://arispunisher.blogspot.com/2011/09/jenis-jenis-animasi.html
http://tutorialblender3d.blogspot.com/2009/01/rendering.html
http://www.dodyanimation.com/2012/12/12/cara-merender-image-dan-movie-diblender/

1 comment: